ECB Siap Turun Tangan

Dear Investor,

Kemelut yang membelit Eropa beberapa bulan terakhir pada akhirnya memicu ECB ambil sikap demi mencegah Eropa agar tidak terperosok terlalu dalam akibat krisis utang yang telah melemahkan beberapa negara.
Hal ini dipertegas oleh pernyataan pers Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi yang menyatakan bahwa para otoritas keuangan sedang berdiskusi mengenai kemungkinan memangkas suku bunga ke level terendah. Muncul spekulasi suku bunga akan disesuaikan paling cepat bulan depan karena krisis telah menjalar dan waktu yang tersedia tidak banyak.
Draghi mengatakan bank sentral sedang mengawasi semua perkembangan dan siap bertindak. Sejauh ini suku bunga masih dipertahankan di 1 persen. Menurutnya resiko “downside” terhadap prospek ekonomi semakin meningkat dan beberapa anggota gubernur ECB telah mengeluarkan wacana pemangkasan suku bunga dirapat hari ini.
Sikap ECB yang seolah melibatkan diri terlalu dalam dalam permasalahan krisis zona euro disebabkan oleh meningkatnya tekanan agar segera menurunkan suku bunga dan merilis lebih banyak kebijakan likuiditas untuk perbankan setempat karena berbagai negara yang terlilit krisis terlihat kepayahan sehingga membutuhkan sokongan lebih.
Ada dua kejadian yang sepertinya menjadi sorotan ECB sebelum mengambil tindakan drastis yaitu pemilihan umum Jerman dan hasil pemeriksaan terhadap sektor perbankan Spanyol.
Banyak pihak menilai hasil pemilu Yunani akan dimenangi oleh pihak yang menentang syarat ketat yang telah diajukan oleh Uni Eropa sebelumnya dan mungkin saja keluarnya Yunani dari zona euro akan semakin cepat. Sementara hasil pemeriksaan perbankan Spanyol akan selesai paling lama dalam waktu 15 hari.
Meski G-7 telah memberikan dukungannya atas krisis Eropa namun masih belum jelas langkah-langkah apa saja yang akan diambil untuk mencegah zona euro terperosok menuju resesi dan akhirnya mengancam perekonomian global.
Tingkat pengangguran zona euro melonjak sampai 11 persen sebagai dampak dari krisis dan angka tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah. Sektor manufaktur dan industri jasa mengalam kontraksi lebih cepat dibandingkan perkiraan ECB di Desember lalu.
ECB juga tampaknya belum berani membahas langkah-langkah maupun kebijakan apa yang telah dipersiapkan karena masing menunggu hasil pemangkasan suku bunga di Juli lalu sebesar 25 basis poin.
Awalnya ECB menolak turut campur baik dalam hal membailout maupun mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk mengatasi krisis zona euro, namun perkembangan terbaru ini menunjukkan betapa seriusnya situasi dan ECB sebagai induk otoritas keuangan Uni Eropa terbesar harus turun tangan pada akhirnya untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada.

Pernyataan Pers dari Draghi ini yang menyebabkan bursa Eropa, Amerika dan Asia serta mata uang mengalami kenaikan kemarin. Namun siang hingga malam ini diprediksi turun bila apa yang dikatakan Draghi ini belum terlihat realisasinya atau upaya-upaya apa yang akan dilakukan oleh Bank Sentral Eropa ini untuk menangani krisis di Eropa. Data Service PMI Inggris jam 15.30 wib dan data Unemployment Claims Amerika yang diprediksi melemah jam 19.30 wib ini juga dapat menggerakkan emas turun.

INFO DETAIL KLIK HERE TRAINING & RECOMMENDATION FOR PROFIT ONLINE TRADING
KLIK HERE HAPPY  TRADING WITH SIMPLE & PROFIT METHOD
CALL ME : 081218900990

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: